Dropdown

All About Chemical Anayst And More

Sunday, December 9, 2012

Neraca Ohaus ( Neraca Teknis )







    Neraca Ohaus
Neraca Ohaus ada beberapa macam , hanya saja saya menjelaskan neraca yang memiliki ketelitian sampai 2 desimal.
 Neraca Ohaus merupakan salah satu alat untuk mengukur massa benda. Neraca Ohaus termasuk kedalam neraca teknis yaitu neraca yang tidak memiliki ketelitian yang tinggi. Neraca ohaus hanya memiliki ketelitian 0,01 gram. Karena ketelitiannya yang rendah neraca ini biasanya hanya dipakai untuk menimbang zat atau benda yang tidak memerlukan ketelitian yang tinggi , misalnya untuk menimbang bahan yang diperlukan untuk membuat larutan pereaksi , larutan baku sekunder dll.

Sebelum menimbang dengan neraca Ohaus hal - hal yang perlu diperhatikan diantaranya : 

1. Membersihkan neraca Ohaus . 
    Dalam membersihkan neraca ohaus , yang terpenting adalah membersihkan piring neraca ohaus , karena        disinilah kita menaruh zat atau benda yang akan ditimbang, bisa saja zat yang kita timbang terkontaminasi oleh pengotor pada piring neraca, atau bisa saja penimbangan kita menjadi tidak akurat karena ada penambahan massa pengotor pada piring neraca. Gunakan kuas untuk membersihkan nya atau pun alat lain yang bisa digunakan untuk membersihkannya. Ingat!! Membersihkannya harus dengan hati - hati. 



 2. Menyeimbangkan neraca 
     Menyeimbangkan neraca Ohaus yaitu dengan cara memutar sekup yang berada di atas piring neraca . Putar kearah luar ataupun kearah dalam sampai pointer yang berbentuk seperti moncong bebek tepat berada di tengah atau berada di nol. Sebelum menyeimbangkan pastikan anak timbang semuanya berada di titik nol ( anak timbang skala ratusan , puluhan , satuan , skala satu desimal dan pemutar skala 2 desimal.

Bagian - Bagian Neraca Ohaus




Pemutar skala 2 desimal 
Ini berfungsi untuk menentukan massa yang ditimbang , sehingga akan didapatkan angka ke 2 dibelakang koma. Cara menggunakannya yaitu dengan cara memutarnya ke arah kanan samapi moncong bebek penentu keseimbangan pas berada di 0 atau ditengah.


 Piring Neraca
Merupakan tempat untuk menyimpan benda / zat yang akan ditimbang. 





Penyangga Neraca
Berfungsi untuk menyangga neraca ohaus agar tetap berdiri tegak 





Pointer ( Yang sepertin moncong bebek)
Berfungsi untuk menentukan apakah neraca sudah seimbang atau belum . Carannya dengan memutar sekrup penyeimbang hingga pointer tepat di tengah / di titik 0, seperti gambar disamping




Sekrup untuk Penyeimbang

Berfungsi untuk menyeimbangkan neraca dengan cara memutar - mutarkannya sampai pointer tepat di tengah/ di titik nol.






 Skala
Skala berfungsi untuk menentukan massa yang ditimbang. 
Cara memakai skala yaitu dengan cara menggeser anak timbang ke kanan sampai pointer yang seperti moncong bebek tepat berada di tengah. 

Pertama - tama geser skala ratusan ke seratus gram lalu pointer pasti bergerak , jika kira - kira pointer masih jauh dengan titik tengah / titik nol, geser ke skala 200 gram, kalau masih jauh geser. Akan tetapi biasanya neraca ohaus , mamiliki skala ratusan maksimumnya hanya sampai 200 gram. 
Jika anda mengeser ke skala seratus tapi pointer sudah melebihi titik tengah maka geser saja ke nol , ini berarti massa benda / zat yang anda timbang kurang dari seratus gram. Sebaliknya jika yang terjadi jika sudah digeserkan akan tetapi masih jauh dari titik tengah berarti massa yang anda timnang lebih dari itu.

Yang kedua , geser skala perpuluhan , tapi jangan sampai melebihi titik tengah , seperti yang sudah di jelaskan
Yang ketiga , geser skala satuan lalu lakukan seperti langkah sebelumnya yaitu jangan melebihi titik tengah
Ynag empat , putar skala desimal ke satu dan ke dua sampai pointer / moncong bebek tepat berada di tengah . Memutar skala pemutar dengan cara memutarnya ke arah kanan sampai pointer tepat ditengah , lalu lihat angka yang pas dititik 0 itulah desimal ke satu dan lihat garis lurus yang menyambung itulah desimal ke 2.


Lalu tambahkan semuanya dari skala ratusan sampai 2 desimal , maka didapatlah massa yang anda cari.
misalnya:
100 gr + 60 gr + 4 gr  + 0,2 gr +0,03 ( skala pemutar) = 164,23 gr





Cara Menimbang Massa zat/benda menggunakan Neraca Ohaus
1. Bersihkan Neraca
2. Seimbangkan Neraca
3. Taruh benda
4. Mengatur skala
5. Menghitung berat benda

Jika ingin menimbang zat yang ditentukan massanya

1. Bersihkan Neraca
2. Seimbangkan Neraca
3. Taruh wadah ( jika yang ditimbang berupa zat) Lalu seimbangkan kembali
4. Atur skala sesuai massa yang diinginkan
5. Masukan zat , hingga keadaan neraca seimbang ( pointer/moncong bebek tepat berada di tengah) 
6. Didapatlah massa zat yang dinginkan 


*Neraca ohaus bisa digunakan untuk memperkirakan massa zat yang akan ditimbang di neraca analitik ( agar memperkirakan berat anak timbangnya lenih mudah) *

Itulah tentang neraca ohaus yang saya ketahui .. Mohon saran dan keritikannya ya :D

19 comments:

Harap menggunakan bahasa yang sopan