Rekomendasikan materi yang ingin anda ketahui kepada kami

Sunday, March 19, 2017

KONSEP MOL (Dasar, MAP Volume,Massa,Jumlah Partikel, Molaritas dihubungkan dengan Mol)

Mol merupakan salah satu satuan dalam kimia. 1 mol = 6,02 x 10^23 partikel

Hubungan antara mol, massa, volume, Molaritas bisa digambarkan dalam map berikut ini:


Map tersebut bertujuan untuk mempermudah kita dalam mengingat konsep mol. Dimana dalam map sendiri terdiri dari:
1. Panah = arah panah menunjukan hasil yang diinginkan sedangkan pada ujung belakang panah merupakan data - data yang kita milliki dimana data ini terpusat pada mol maupun sebaliknya (tergantung ujung panah nya dimana).
2. Disini yang kita pakai adalah satuan mol dimana satuan mol ini ekivalen atau setara dengan gram dan liter. Namun jika yang kita miliki adalah data mili mol (mmol) maka akan ekivalen atau setara dengan miligram, mili liter. Dan seringkali ini akan mengecoh kita dalam perhitungan, karena lalai dalam memperhatikan satuannya.
3. Jumlah Partikel tidak memiliki satuan. Jumlah partikel sendiri merupakan suatu tetapan avogrado (L) yang bernilai 6.02 x 10^23
4. Untuk volume ada bilangan tetap yaitu 22.4 Liter/mol dengan syarat kondisi STP ( Standard Temperature And Pressure) harus 0 derajat Celcius atau 273 derajat Kelvin dan 1 atm. Untuk pembahasan lebih lanjut tentang perhitungan volume, akan dibahas dipostingan selanjutnya yaa :)
5. Sama dengan jumlah partikel, massa atom relatif (MR) juga tidak memiliki satuan. Massa molekul relatif sendiri merupakan jumlah massa atom relatif (Ar) yang terdapat dalam rumus kimia suatu zat.

No comments:

Post a Comment

Harap menggunakan bahasa yang sopan