Sunday, July 21, 2013

pH Larutan ( Menentukan Rumus Yang Akan Dipakai Untuk Mencari pH Suatu Larutan )_Part Larutan Buffer

Larutan Buffer/ Dapar/ Penyangga merupakan larutan yang bisa mempertahankan pHnya meski ditambah sedikit asam / sedikit basa. Awal pertama mengenal materi ini saya agak bingung, gunanya larutan buffer itu apa sih? ngapain ada larutan buffer ? sekarang saya mengerti larutan buffer ini mempunyai beberapa andil dalam kegiatan kita. Seperti yang dijelaskan sebelumnya larutan buffer dapat mempertahankan pHnya ( jadi pHnya bergeser sedikit saja) apabila ditambah sedikit basa dan sedikit asam. Salah satu contohnya yaitu darah. Kalian tahu darah kan? Yaps, darah sangat penting bagi kita. Lalu apa hubungan darah dan larutan Buffer ? Ini dia:

Darah atau tepatnya plasma darah merupakan larutan buffer yang ber pH berkisar 7,35 - 7,35 . Untung darah merupakan larutan buffer coba kalo engga? Bingung kenapa? Jika pH darah lebih dari 7,45 ( kemungkinan ditambah basa dan jika darah bukan buffer sehingga pHnya naik drastis ) akan mengalami alkalosis, sehingga akibatnya terjadi hiperventilasi atau yang disebut bernapas berlebihan. Atau jika pH darah kurang dari 7,35 ( kemungkinan ditambah asam, dan jika darah bukan buffer sehingga pH nya turun drastis) akan mengalami acidosis ( akibatnya jantung, ginjal, pencernaan akan terganggu ). Ngeri banget kan?

Haha sebenarnya masih banyak lagi kegunaan larutan buffer baik pada tubuh manusia, farmasi, makanan dan lain lain. Namun, kali ini saya akan lebih fokus pada rumus yang digunakan pada larutan buffer.

Nah, berikut beberapa rumusnya:

1. Larutan Buffer Asam
    Disusun oleh:
    a. Asam Lemah + Garamnya 
       Contoh : CH3COOH + NaCH3COOH
        maksudnya larutan buffer asam bisa disusun oleh asam lemah dan garam dari asam lemah tersebut
    b. Asam Lemah Berlebih + Basa Kuat
       Contoh : CH3COOH + NaOH
        seperti yang tertera diatas yaitu asam lemah berlebih berarti yang tersisa asam lemahnya jangan yang     basa kuatnya , jika basa kuatnya berarti memakai rumus yang telah saya post kan sebelumnya. Rumusnya yaitu:
Biar kalian tambah ngerti ini beberapa contoh soalnya:

Add caption
2. Larutan Buffer Basa
     Disusun oleh;
a. Basa Lemah + Garamnya
    NH3+NH4Cl
b. Basa Lemah Berlebih + Asam Kuat
    NH3+HCl

Rumusnya sama dengan Buffer Asam hanya saja:
- Ka diganti dengan Kb
- a diganti dengan b ( basa)
- [H+] diganti dengan [OH-]
- pH diganti dengan pOH
- lalu mencari pH menggunakan rumus pH = pKW - pOH

Itulah materi yang saya postkan kali ini mudah mudahan bermanfaat. Maaf apabila ada kesalahan, mohon kritik dan saran juga kunjungannya lagi. Tunggu post saya yang berikutnya yahh :D

3 comments:

  1. Maaf min ada kontak yg bisa dihubungi? Saya mau diskusi mengenai pH
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim email saja ke ucimagdalenis13@gmail.com yaa

      Delete

Harap menggunakan bahasa yang sopan