Sunday, April 14, 2013

Menimbang Zat Menggunakan Neraca Rem dan Ayun beserta Rumusnya

     Menimbang zat adalah hal yang selalu dilakukan oleh seorang analis. Kali ini saya akan membahas tentang menimbang zat menggunakan neraca Rem / Ayun. Postingan kemarin saya telah membahas tentang menimbang benda , benda tersebut bisa digunakan untuk menampung benda (misalnya botol timbang). Sekarang mari kita bahas tentang menimbang zat menggunakan neraca rem/ ayun.

1. Menentukan massa benda sebenarnya
    Ini telah dibahas sebelumnya . Setelah anda mendapatkan massa benda, makas anda tingggal langsung ke step selanjutnya. Sebelum itu masukan G0 dan L0 nya adalah G2 dan L2 dari hasil menimbang benda ( yang anda telah lakukan sebelumnya )

2.  Memasukan zat
    Jika:
  • Massa zat telah ditentukan
          Maksudnya, bila anda telah menentukan bahwa anda memerlukan 1 gram zat maka anda harus menimbang 1 gram zat. Maka langkah yang harus anda lakukan adalah..

Pertama - tama : menambahkan anak timbang sebanyak 1 gram ( jika yang anda inginkan adalah massa zatnya sebanyak 1 gram ).Menambahkan anak timbang sebanyak 1 gram maksudnya adalah menambahkan anak timbang benda yang anda peroleh sebelumnya lalu ditambang 1 gram.

Kedua: Masukan zat diluar neraca( ini karena neraca ayun & rem sangat sensitif , juga jika anda bukan ahlinya, maka kemungkinan besar zat akan mengotori bagian dalam neraca) . Banyaknya zat yang anda masukan dikira kira saja dulu.

Ketiga: Ingat !! Patokan anda adalah L0 , ketika anda memasukan benda yang telah diisi zat ke piring neraca, lalu anda memutarkan sekrup, maka pointer ( yang menunjukan besarnya L ) haruslah mendekati L0 ( kurang maupun lebih yang penting mendekati ). Jika pointer masih jauh dengan L0 maka gunakan logika anda ( seperti yang sudah dijelaskan di postingan saya sebelumnya) untuk mengurangi ataupun menambahkan zat. 
Ketika pointer anda telah mendekati L0 maka catat sebagai G1 dan L1 ( G1 = berat anak timbang yang ada di piring neraca )

Keempat : Mencari G2 dan L2 adalah sama dengan mencari G2 dan L2 pada menimbang benda, anda hanya perlu menambah atau mengurangkan zat( jangan mengurangi/ menambahkan anak timbang).

Kelima : Mencari massa zat+ benda sebenarnya ( gunakan rumus yang telah saya posting sebelumnya).Dan anda telah mendapatkan massa zat+benda sebenarnya.
 Mengapa yang saya tulis adalah mencari massa zat+benda ?? ini dikarenakan kita selama menimbang bukan hanya menimbang zatnya saja tapi juga bendanya.

Lalu bagaimana mencari massa zat???

Untuk mencari massa zat:

Massa zat = (massa benda+zat) - massa benda saja

 Penimbangan selisih:

  1. Tuangkanlah zat ke tempat lain
  2. Timbang massa benda+sisa zat yang ada di benda
  3. Lalu untuk mencari massa zat yang menempel di benda adalah...
 Massa sisa zat = (massabenda+sisa zat) - massa benda

Lalu untuk mencari massa zat yang telah dituangkan tinggal

Massa zat yang dituangkan = massa zat - massa sisa zat.

  • Menentukan massa zat yang belum diketahui ditentukan
Sedangkan menimbang dengan type seperti ini sama saja dengan menimbang benda. Kita tidak boleh mengurangi/ menambahkan zat. Kita hanya boleh menambahkan / mengurangi anak timbang dan pada akhirnya mendapatkan massa zat yang belum kita tentukan sebelumnya. 



    Akhirnya selesai juga pembahasan kita tentang neraca. Thanks God :D . Jika terdapat kesalahan mohon dimaafkan yah kawan, kita masih sama-sama pada tahap belajar. Mohon kritik dan sarannya yah, biar kita sama - sama saling membangun. Jika masih ada yang kurang paham/ tidak mengerti boleh  bertanya ke saya lewat inbox, mungkin barangkali saya tahu. Atau kawan-kawan bisa bertanya pada sang ahlinya, jika merasa kurang puas.

Cukup sekian yah pembahasan neracanya yah, terimakasih atas kunjungannya. :D



No comments:

Post a Comment

Harap menggunakan bahasa yang sopan