Tuesday, July 9, 2013

Klasifikasi Bahan Kimia - Bahan Kimia Beracun ( Toxic )-

sumber gambar: http://hr-interanekalestarikimia.blogspot.com/2012/09/sharing-knowledge-petugas-k3-kimia.html

Klasifikasi Bahan Kimia dibagi menjadi 9 yaitu Toxic, Corrosive, Flammable, Explosive, Oxidation, Reaktif terhadap Asam, Reaktif terhadap Air, Gas Bertekanan, Radioktive. Sekarang saya akan menjelaskan tentang bahan kimia beracun ( Toxic )                     

TOXIC

sumber gambar : http://wahedlabstechnologies.blogspot.com/2012/06/klasifikasi-toksikan.html
 


                     Toxic merupakan bahan kimia yang menyebabkan bahaya terhadap kesehatan manusia bahkan dapat menyebabkan kematian apabila terserap kedalam tubuh baik tertelan, lewat jalur pernapasan maupun kontak lewat kulit. Pada umumnya zat Toxic masuk lewat jalur pernapasan ( misalnya terhirup ) dan juga kulit, lalu menyebar ke seluruh tubuh dan menuju organ tertentu seperti hati, dan paru - paru. Tapi bisa juga zat toxic berakumulasi dalam tulang, darah, hati, dan cairan limfa hingga pada akhirnya menghasilkan efek dalam jangka panjang.  Pengeluaran zat beracun visa melalui urin, saluran pencernaan sel efitel dan keringat.

Penempatan zat toxic:

                       Sebaiknya disimpan dalam ruangan yang sejuk, ada peredaran hawa, jauh dari bahaya kebakaran dan bahan yang inkompatibel ( tidak dapat dicampur). Panas dapat menyebabkan zat toxic terurai sehingga zat ini harus disimpan jauh dari sinar matahari langsung dan juga jauh dari sumber panas.

Contoh bahan kimia toxic:

- Asam Oksalat
- Kalium Sianida
- Karbon Disulfida
- Kolkhisin
- Raksa
- Raksa (I) Nitrat
- Raksa (II) Nitrat
- Raksa (I)Klorida

10 comments:

Harap menggunakan bahasa yang sopan